Pentingkah Membuat Tujuan???

Pentingkah Membuat Tujuan???

Ada yang bertanya, apakah untuk meraih sukses harus membuat tujuan? Saya jawab tidak. Banyak orang yang sukses, dia tidak pernah menuliskan tujuan apalagi memahami metode SMART.
Lalu mengapa banyak guru sukses menganjurkan menetapkan tujuan? Karena penetapan tujuan akan membantu Anda lebih mudah meraih sukses. Bukan sebuah keharusan, tetapi sangat bermanfaat. Apa saja manfaat membuat tujuan?

Manfaat membuat tujuan : Kejelasan

Manfaat pertama dari penetapan tujuan adalah: “kejelasan“. Dengan menetapkan tujuan, apalagi secara tertulis, akan memberikan kejelasan kepada kita, arah mana yang akan ditempuh. Selain kejelasan masih ada satu lagi manfaat dari tujuan yang tidak kalah pentingnya.
Untuk apa kejelasan? Jika tujuan sudah jelas, semuanya pun akan ikut jelas. Kita akan lebih mudah menyusun rencana. Jika rencana sudah jelas, maka kita pun akan jelas dalam mengambil tindakan. sukses akan segera diraih. Apakah semua tujuan akan memberikan kejelasan?

Cara Membuat Tujuan dengan Metode SMART

Tidak, banyak orang yang membuat tujuan, tetapi tidak memberikan kejelasan. Artinya cara penetapan tujuannya kurang tepat. Sebuah metode yang terkenal dalam membuat tujuan ialah metode SMART. Apa itu?
Specific
Harus jelas, Anda mau apa. Mau kaya? Kaya seperti apa? Mau bahagia? Seperti apa sih bahagia itu?
Measurable
Terukur. Mau kaya juga ada ukurannya. Deposito, penghasilan, dan sebagainya. Kalau bahagia, apa ukurannya?
Actionable
Buatlah tujuan yang memerlukan tindakan Anda untuk mencapainya. Bukan mengandalkan kondisi atau tindakan orang lain.
Realistic
Artinya, secara akal bisa dicapai oleh manusia. Bukan berarti milih yang mudah menurut Anda. Jika orang lain bisa, Anda juga bisa.
Time-based
Ada kerangka waktu. Kapan Anda akan memiliki tujuan tersebut. Tanpa kerangka waktu, hanyalah sebuah impian.

Manfaat Membuat Tujuan: Membangkitkan Inspirasi

Manfaat kedua dari tujuan ialah membangkitkan inspirasi dari dalam diri. Bagaimana caranya agar tujuan bisa memberikan inspirasi bagi diri kita.

Komentar

Postingan Populer